Rabu, 21 Desember 2016

7 hal yang harus diperhatikan dalam belajar

1. Perhatian dan Motivasi Perhatian punya peranan yang sangat penting dalam aktivitas belajar dari kajian teori belajar bahwa tanpa adanya perhatian tak mungkin terjadi belajar (Gagne dan barliner dalam dimyati ,1999: 40 ). Motivasi dibedakan atas internal dan eksternal dan masih dibedakan dalam motif instrinsik dan ekstrinsik, instrinsik merupakan tenaga pendorong yang sesuai dengan perbuatan karena ingin mendapatkan pengetahuan dari belajar dari luar perbuatannya dan hanya sebagai penyerta, misal ingin lulus atau ingin dapat ijasah saja.
 2. Keaktifan Belajar perlu adanya keaktifan yaitu : latihan-latihan, jadi siswa harus selalu aktif sendiri dengan latihan, guru sekedar pengarah dan pembimbing saja (Tronde dan Dimyati ,1999 : 42)
 3. Keterlibatan Langsung Belajar sebaiknya alami langsung melalui perbuatan, artinya guru sebagai pelindung dan fasilitator (Jonh Dewey dalam Dimyati, 1999:43)
 4. Tantangan Siswa yang belajar berarti ada dalam lapangan atau situasi medan psikologis, siswa menghadapi suatu tujuan yang ingin dicapai dan selalu menghadapi hambatan, dan bila hambatan itu dapat diatasi maka akan tercapai tujuan belajar (Teori Medan dari Kurt Lewin dalam Dimyati, 1999 : 44)
 5. Pengertian Proses belajar Proses adalah kata yang berasal dari bahasa latin “Prosesus” yang berarti berjalan kedepan. Proses adalah satu perbuatan atau perubahan yang menyangkut tingkah laku atau kejiwaan, sedangkan proses balajar adalah suatu tahapan perubahan pengetahuan (kognitif), perubahan sikap (afektif), serta perubahan keterampilan (psikomotorik) yang terjadi dalam diri siswa. Perubahan tersebut dalam arti positif artinya perubahan yang lebih baik.
 6. Aktifitas Belajar Aktifitas belajar adalah suatu kegiatan yang menimbulkan perubahan pada diri individu baik tingkah laku atau kepribadian yang bersifat kecakapan sikap, kebiasaaan, kepandaian yang bersifat konstan dan berbekas. Aktifitas belajar yang dimaksud adalah pada kegiatan yang ditunjukkan untuk memperdalam materi yang didapat di sekolah. 7. Tingkat pengetahuan Tingkat pengetahuan yang dimaksud adalah suatu kemampuan dalam menerima suatu informasi dari lingkungan atau sumber yang lain seperti dari televisi, objek wisata, orang seminar dan pergaulan yang lain dan dapat menambah pengetahuan.



0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda