7 hal yang harus diperhatikan dalam belajar
1. Perhatian
dan Motivasi Perhatian punya peranan yang sangat penting dalam aktivitas
belajar dari kajian teori belajar bahwa tanpa adanya perhatian tak mungkin
terjadi belajar (Gagne dan barliner dalam dimyati ,1999: 40 ). Motivasi
dibedakan atas internal dan eksternal dan masih dibedakan dalam motif
instrinsik dan ekstrinsik, instrinsik merupakan tenaga pendorong yang sesuai
dengan perbuatan karena ingin mendapatkan pengetahuan dari belajar dari luar
perbuatannya dan hanya sebagai penyerta, misal ingin lulus atau ingin dapat
ijasah saja.
2. Keaktifan Belajar perlu adanya keaktifan
yaitu : latihan-latihan, jadi siswa harus selalu aktif sendiri dengan latihan,
guru sekedar pengarah dan pembimbing saja (Tronde dan Dimyati ,1999 : 42)
3. Keterlibatan Langsung Belajar
sebaiknya alami langsung melalui perbuatan, artinya guru sebagai pelindung dan
fasilitator (Jonh Dewey dalam Dimyati, 1999:43)
4. Tantangan Siswa yang belajar berarti
ada dalam lapangan atau situasi medan psikologis, siswa menghadapi suatu tujuan
yang ingin dicapai dan selalu menghadapi hambatan, dan bila hambatan itu dapat
diatasi maka akan tercapai tujuan belajar (Teori Medan dari Kurt Lewin dalam
Dimyati, 1999 : 44)
5. Pengertian Proses belajar Proses
adalah kata yang berasal dari bahasa latin “Prosesus” yang berarti berjalan
kedepan. Proses adalah satu perbuatan atau perubahan yang menyangkut tingkah
laku atau kejiwaan, sedangkan proses balajar adalah suatu tahapan perubahan
pengetahuan (kognitif), perubahan sikap (afektif), serta perubahan keterampilan
(psikomotorik) yang terjadi dalam diri siswa. Perubahan tersebut dalam arti
positif artinya perubahan yang lebih baik.
6. Aktifitas Belajar Aktifitas belajar
adalah suatu kegiatan yang menimbulkan perubahan pada diri individu baik
tingkah laku atau kepribadian yang bersifat kecakapan sikap, kebiasaaan,
kepandaian yang bersifat konstan dan berbekas. Aktifitas belajar yang dimaksud
adalah pada kegiatan yang ditunjukkan untuk memperdalam materi yang didapat di
sekolah. 7. Tingkat pengetahuan
Tingkat pengetahuan yang dimaksud adalah suatu kemampuan dalam menerima suatu
informasi dari lingkungan atau sumber yang lain seperti dari televisi, objek
wisata, orang seminar dan pergaulan yang lain dan dapat menambah pengetahuan.
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda