metode penenlitian
Metode Penelitian
Struktur dan atmosfir kelas
hendaknya memberikan kesempatan kepada siswa untuk berfikir, dan untuk
menggunakan kriteria penilaiian moral dalam situasi-situasi kongkrit dalam
konteks pelajaran. Namun demikian, tidak cukup mengajar siswa tentang bagaimana
berfikir, adalah sangat penting bahwa apa yang siswa pikirkan menjadi
kenyataaan dalam perbuatan.
Metode mengajar hendaknya mendorong
siswa memperluas cakrawala; mendorong berfikir reflektif; mendorong
pilihan-pilihan moral pribadi, memberikan keterampilan-keterampilan berfikir
logis; memberikan kesempatan menggunakan pengetahuan untuk masalah-masalah
moral dan sosial;meninhkatkan minat tehadap isi mata pelajaran; dan mendorong
siswa untuk menerima nilai-nilai peradaban manusia (Callahan and Clark, 1983).
Sebagaimana dikemukakan Edward J. Power (1982), para filsuf idealisme “lebih
menyukai metode dialektik, tetapi beberapa metode yang efektif yang mendorong
belajar dapat diterima. Metode pendidikan Idealisme cenderung mengabaikan
dasar-dasar fisiologis dalam belajar”
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda